Oleh: purworejopkm | 6 Mei , 2009

bagaimana mempercepat pelayanan rawat jalan Puskesmas ?

tuntutan masyarakat saat ini adalah pelayanan yang baik , cepat, mudah dan ekonomis. pelayanan kesehatan juga tidak luput dari permintaan itu. saat ini bukan zamanya lagi pegawai adalah pengusa. pegawai adalah pelayan.

cara pertama adalah komputerisasi. dengan komputerisasi, pencarian medical record jadi cepat. mencegah pencatatan ulang diagnosa . juga mengurangi jumlah petugas.

selanjutnya , mengenai surat menyurat pasien. jangan biarkan pasien anda mengambil surat, atau hanya minta stempel di ruang lain. ini akan membuat pasien anda kelelahan. persiapkan surat rujukan, surat istirahat dan lain – lain. di ruang anda dan pastikan sudah di stempel instansi anda. untuk stempel dokter, bawalah di ruang pemeriksaan. ini akan membuat pasien anda merasa lebih nyaman. dan , mengurangi stress untuk mencari ruangan yang di tuju. terutama bagi yang baru pertama kali berobat.

jangan biarkan pasien menumpuk , baru di layani.

hapus bagian loket. dengan menghapus bagian ini lalu mengubah menjadi bagian informasi, akan membuat pasien lebih di perhatikan dan tidak di biarkan kebingungan. segala pembayaran loket di serahkan ke poli masing- masing. perubahan ini memberi dampak, pasien tidak terlalu sering antri. untuk menghilangkan bagian ini , syaratnya harus komputerisasi.

pastikan ruang pemeriksaan penunjang (lab ), berdekatan dengan poli dan mudah di akses.

siapakan kotak saran untuk perbaikan terus menerus. dan jangan banyak memberi alasan kepada setiap kritik. akan membuat yang ,memberi saran menjadi malas memberi masukan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: