Oleh: purworejopkm | 25 November , 2009

berubah atau diubah

Tuntutan zaman selalu berubah. Untuk menuju masyarakat yang lebih baik. Apalagi paradigma sosial bangsa telah berubah secara cepat. Dari dahulu seorang pejabat adalah yang menentukan jalanya pemerintahan.

sekarang  paradigma itu berubah menjadi  pelayan masyarakat. Mengikuti kemauan masyarakat. Di bidang kesehatan paradigma itu di wujudkan dalam citizen charter. Masyarakat ikut menentukan kebutuhanya dengan kontrak. Yang terbaru adalah adanya ombudsman.sehingga akan membuat semua instansi akan selalu disoroti. Termasuk kinerja puskesmas. Jika selama ini laporan – laporan tidak ada yang mengkoreksi, mungkin sebentar lagi akan dimonitor oleh keompok masyarakat pengguna jasa. Bahkan menjadi harta berharga dalam hal pertanggung jawaban kinerja. Komputerisasi adalah solusi yang tidak terelak kan lagi. Akurasi data dan kecepatan proses pengolahan data menjadi informasi akan semakin di butuhkan, karena proyek dan program tidak lagi semau gue. Melainkan harus bisa diperhitungkan manfaat dibanding biaya. Jika mencurigakan bisa di selidiki KPK. Data akan sangat memegang peranan dalam pembangunan kesehatan. Tidak bisa lagi berdasar like and dislike.
Untuk itu komputerisasi semua data kegiatan puskesmas akan mempermudah mengolah, membagikan kepada yang berkepentingan. Juga dalam hal kemudahan penyimpanan.
Paradigma lain yang perlu di ubah adalah masalah total cover data. Dulu data puskesmas menggambarkan data kesehatan suatu wilayah. Karena dalam wilayah puskesmas tersebut hanya puskesmas saja yang merupakan tempat pelayanan kesehatan. Sektor swasta hanya prakek dokter puskesmas dan paramedis karyawan puskesmas. Sehingga jika suatu kasus penyakit, cukup dilihat dari puskesmas tersebut. Dengan berkembangnya waktu, pembangunan dan pendidikan. Sektor kesehatan adalah bisnis yang menguntungkan, sehingga bermunculan tempat pelayanan swasta. Sehingga puskesmas sebagai penanggung jawab wilayah berkewajiban untuk mengcover data di semua sektor swasta. Karena tidak semua warga di wilayah puskesmas memanfaatkan puskesmas. Dan nantinya jika menampilkan data wilayah kerja, hanya di ambil dari data puskesmas, akan sangat rawan di kritisi.
Dengan demikian perlu di persiapakan suatu sistem informasi yang mampu menampung dan menyediakan bagi sektor swasta yang terus berkembang sesuai dinamika. Agar jika ada penambahan tempat pelayanan, tidak kesulitan memanage.


Responses

  1. Perubahanlah yang abadi, dan harus dijalankan sesuai perkembangan jaman.
    Hallo..SALAM Kenal kembali. Sekadar info ya, Blog puskesmas ini, sudah dimasukkan lagi dalam lintas puskel di sidebar blog http://www.puskel.com (transformasi perubahan baru dari blog puskelinfo sebelumnya, kini menjadi blog puskel) tetap komitment tentang Info Seputar Puskesmas. Silakan dicek dan bisa tukaran linknya.
    Terimakasih kerjasamanya

    • terima kasih atas perhatiannya. memang benar perubahan akan terus dilakukan untuk menyesuikan dengan kondisi

      • trims bu sulis. atas kunjungan nya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: